translate language

Senin, 23 Agustus 2010

Kasih Sayang Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam Kepada Anak-Anak

Di riwayatkan oleh Imam Bukhari r.a dalam Shahihnya, Bahwasannya Sahabat Anas R.a berkata, “Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam menggendong anak Beliau. Sayyid Ibrahim. Lalu beliau SAW memeluk dan menciumnya.”

Dan Beliau Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam menangis ketika putera Beliau, Ibrahim meninggal dunia. Sahabat Abdurrahman bin Auf bertanya kepada Beliau SAW, “Apakah Engkau menangis, wahai Rasulullah?” Beliau SAW menjawab, “Wahai Ibnu Auf, ini adalah kasih sayang kemudian di ikuti dengan yang lain.” Dan Beliau SAW bersabda, “Sesungguhnya mata ini menangis, hati ini merasa sedih, dan kita tidak boleh mengatakan sesuatu kecuali yang di ridloi Rabb kita. Wahai Ibrahim, sesungguhnya kami amat bersedih berpisah denganmu.”

Asma’ binti Umais, istri Ja’far, bercerita, “Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam masuk ke rumah ku, lalu memanggil anak-anak Ja’far. Aku lihat Beliau menciumi mereka seraya menitikkan air mata. Maka aku bertanya kepada Beliau, “Wahai Rasulullah, apakah telah sampai kepada engkau berita tentang Ja’far?”
Beliau Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam menjawab, “Ya, hari ini dia telah Syahid.” Maka kamipun menangis.
Beliau Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam kembali dan bersabda kepada para sahabat, “Masaklah kalian untuk keluarga Ja’far, karena telah datang berita yang membuat mereka sedih.” [HR Ibnu Sa'ad, at Tirmidzi, dan Ibnu Majah]
Ketika Beliau Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam menangis atas kematian mereka, Sa’ad bin Ubadah r.a bertanya, ” Ya Rasulullah, kenapa engkau menangis?” beliau Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam menjawab, “Ini adalah rasa kasih sayang di berikan Allah kepada hamba-hamba Nya, sesungguhnya Allah hanya mengasihi hamba-hamba Nya yang memiliki rasa kasih sayang.”[HR. Bukhari]

Rasa kasih sayang Rasulullah SAW tak terbatas kepada putera atau kerabat Beliau SAW saja. Bahkan kepada seluruh anak-anak kaum muslimin. Rasulullah SAW senantiasa berusaha membuat anak kecil mengenal dan mencintai Beliau SAW, sehingga Beliau sering berkumpul bersama mereka. Beliau SAW benar-benar menempatkan mereka, tunas generasi pada tempat yang tinggi.

Apabila Sahabat Anas r.a melewati kerumunan anak-anak kecil, beliau memberi salam kepada mereka, kemudian beliau berkata,”Demikianlah yang di lakukan oleh Nabi Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam.” (Muttafaqun alaih)

Ummul Mu’minin Sayyidatuna Aisyah r.a berkata,” Anak-anak kecil di datangkan kepada Nabi Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam, maka Beliau berdoa untuk mereka. Pernah juga seorang anak kecil yang di bawa kepada beliau kencing di baju beliau. Kemudian beliau meminta air dan menuangkan air pada kain yang terkena kencing dan tidak mencucinya.” [H.R Bukhari]

Allahu Allah!! Meskipun anak-anak kecil itu banyak bergerak dan hal yang membuat capek sampai ada yang kencing, Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam tidak pernah memarahi dan membentak mereka. Beliau SAW memperlakukan dengan penuh kasih sayang dan kelembutan. Inilah Idola kita Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam..

Diriwayatkan pula ketika Beliau Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam sedang shalat, beliau menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulullah SAW, anak dari Abi Al Ash bin ar Rabi’. Jika beliau SAW berdiri beliau menggendongnya dan jika beliau sujud beliau meletakkannya.[HR Bukhari Muslim]

Beliau Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam juga sering memangku Sayyidina Hasan di paha kanan dan Sayyidina Husain di paha kiri beliau, sembari beliau SAW menyuapkan buah kurma kepada mereka berdua.. Di sela-sela kesibukan beliau dalam berdakwah beliau juga menyempatkan untuk bercanda dan mendengarkan tawa mereka. Sebagaimana yang di katakan oleh Abu Hurairah r.a, “Rasulullah SAW menjulurkan lidahnya untuk Hasan bin Ali, sehingga Sayyidina Hasan melihat lidah beliau SAW yang merah. Dan Hasan pun merasa senang”

Subhanallah, begitu indah akhlak Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Beliau tak segan bercanda, bergurau dengan anak kecil. Sehingga mereka tumbuh di tengah fase kehidupan yang begitu sempurna dengan kelembutan Sang Rasul Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Setelah kita mengenal pribadi Beliau Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang mulia dan kehidupan beliau dengan cerita yang mempesona, mudah-mudahan kita dapat mengikuti jejak langkah Beliau SAW dalam kehidupan kita. Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengajak kita untuk menyayangi anak-anak di sekeliling kita. Dimana mereka sangat membutuhkan kelembutan serta kasih sayang. Insya Allah anak-anak dari hasil didikan orang tua yang penuh kasih dan sayang dalam mentarbiyahnya, akan muncul generasi muslim yang penyayang dan mempunyai akhlak yang mulia, mengikuti idolanya Sayyidina Muhammad Ibn Abdillah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam..

Allahumma Shalli ‘Ala Sayyidina Muhammad Wa ‘Ala Alih Wa Shahbihi Wa Sallim

Tidak ada komentar: