translate language

Kamis, 24 November 2011

KISAH IBLIS YANG MENANGIS SANGAT KENCANG

Al Imam Al-Qurthubi didalam “Al-Jami’ liahkam al-Qur’an”ketika Beliau menjelaskan tentang fadhilahnya atau keutamaan surat Al Fathihah yaitu salah satunya adalah beliau menceritakan tentang iblis, yang mana iblis tersebut pernah menangis, yang menangisnya itu sangat kejer/ keras ( menangis dengan betul2 menangis ), yaitu ada 2 hal yang menyebabkan iblis menangis sangat keras:

1. Yaitu ketika diturunkannya surah Al Fathihah, yang mana surat al Fathihah adalah paling afdholnya surat didalam AlQuran.

2. Yaitu ketika dimana dilahirkannya makhluk yang paling mulia diseluruh jagad raya khoirul anbiya’ walmursaliin yaitu Sayyidina Muhammad SAW. Kenapa bisa begitu? Karena berkat nabi Muhammad SAW orang yang awal mulanya sangat banyak dosanya kemudian orang tersebut mengikuti Rasulullah SAW dengan mengucapkan dua kalimat Syahadad ( ASYHADUAN LAAILAHA ILLAH WA ASYHADUANNA MUHAMMADAR RASULULLAH ) maka langsung habis dosanya, sebagai contoh pada saat di zaman Rasulullah SAW ada seorang yang sangat2 tua sekali yang mana umurnya berkisar 114 th, rambut dan alisnya sudah memutih, ia menghadap kepada Rasulullah SAW dan berkata :

Ya Muhammad ( ia menyebut demikian karena ia belum masuk islam ) apakah agamamu bisa menghapuskan dosa2 yang telah aku perbuat, yang mana dosaku sangat2 banyak sekali, seumpama dosanya orang berzina,orang mabuk dan berjudi diseluruh dunia ini dikumpulkan di bandingkan dengan dosa yang aku perbuat maka lebih banyak dosaku, kemudian aku datang kepada orang2 Nasrani bertanya apakah dosa2ku bisa diampuni? Orang2 Nasrani menjawab tidak bisa karena dosamu terlalu banyak, kemudian aku datangi pula orang2 Yahudi, kata mereka pun tidak bakal bisa, oleh karena itu aku datang kepadamu ingin menanyakan apakah bisa agamamu menghapuskan dosa-dosaku?

Lantas Rasulullah menjawabnya BISA.

Lantas orang tua itu mengatakan kalau begitu apa yang mesti saya perbuat/lakukan?
Kemudian Rasulullah SAW mengatakan yaitu ucapkanlah ASYHADUAN LAAILAHA ILLALLAH WA ANNY RASULULLAH ( aku bersaksi tiada Tuhan selain ALLAH dan aku adalah Rasul utusan ALLAH )

Kemudian orang tua tersebut mengucapkan ASYHADUAN LAAILAHA ILLALLAH WA ANNAKA RASULULLAH (aku bersaksi tiada Tuhan selain ALLAh dan Engkau (Nabi Muhammad) adalah Rasul utusan ALLAH

Kemudian pulanglah orang tua tersebut, dan setelah 3 hari terdengar kabar bahwa orang tersebut telah meninggal, lantas Rasulullah SAW mengucapkan bahwa orang tersebut termasuk golongan MIN AHLIL JANNAH (dari golongan yang masuk surga)
Dua hal tersebutlah yang membuat iblis menangis sangat keras, oleh karena itu sungguh beruntunglah kita-kita semua yang bisa merasakan / cinta dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“ALLAHUMMA SHOLLI ‘ALA SAYYIDINA WA MAULANA MUHAMMAD”



Kutipan ceramah Habib Abdurrahman Assegaf

Tidak ada komentar: